« Euthanasia Raja Galau part 1 “Nasi Rawon” (Serial Pencarian Jati Diri dan Konsep PH) »

Universal Coverage dan UKM (Oleh-oleh dari Bali)

Maret
27th
member
trias

Wednesday, December 28, 2011

Sudah lama sih berangkat ke seminar Internasional yang diadakan oleh Kemenkes dan IAKMI di Bali kapan haro. Namun karena ditanya oleh-oleh oleh Bapak Rachmat Hargono, berikut ini sedikit yang saya sempet tangkap dan masih ingat terkait seminar yang mayoritas diikuti oleh dosen Departemen Gizi Kesehatan dan Epidemiologi (khusus untuk peserta dari FKM Unair) padahal isinya lebih mengupas tentang Health Inequality dan Pembiayaan Kesehatan (AKK). Ada juga sih Pak Djaz, namun beliau juga lebih fokus ke evaluasi PDBK, hehe…:p

 

Bagi saya yang memang dulu skripsinya dibimbing oleh Pak WJP tentu sedikit banyak masih rada nyambung dengan topik yang menjadi konsumsi utama simposium internasional itu. Namun, satu hal yang sampe saat itu merupakan hal yang saya belum ketahui adalah terkait pemahaman saya tentang Universal Coverage. Dari ilmu yang saya dapatkan baik di S1 maupun S2 (memang S2 saya sudah menjurus ke Public Health Nutrition) pemahaman saya tentang Universal Coverage adalah jaminan pembiayaan kesehatan yang sifatnya melingkupi semua elemen masyarakat tanpa terkecuali, bahkan diutamakan bagi mereka yang kurang mampu, semisal model Managed Care model US atau Universal Coverage yang sangat luar biasa di France maupun England dimana pemerintah telah  menjamin biaya berobat bagi warganya. Terkait pembiayaan ini saja, Indonesia masih sangat jauh tertinggal  hanya wajib untuk PNS dan Jamsostek untuk perusahaan yang masih relatif “bermoral” untuk memberikannya sebagai hak karyawan. Bagaimana dengan rakyat miskin? JPS, JAMKESMAS, JAMPERSAL, atau apalagi namanya yang saya sudah nggak upgate lagi pasca masuk Departemen Gizi, masih belum begitu efektif dan banyak terjadi penyelewengan terkait data dll. Beberapa waktu lalu di koran juga sempat memanas isu antara RSDS dan Pemkot Surabaya karena nunggak utang pasien Gakin. Well, semuanya membuat saya masih berpikir Universal Coverage itu terkait Akses Pelayanan Medis, utamanya terkait pembiayaan, dimana negara kita masih tinggi angka Out of Pocket Payment, yang kemudian berakhir pada membangkrutkan ekonomi orang yang sakit atau keluarganya. Tak heran beberapa buku yang menggambarkan secara nyata sistem kesehatan kita seperti “Orang Miskin Dilarang Sakit” terkesan menjadi sebuah Satire.

 

Nah, oleh-oleh dari Bali yang belum sempat saya banyak Browsing atau Research adalah pelurusan atau pencerahan pemahaman terkait Universal Coverage itu. Salah satu staff WHO regional Asia Tenggara menyatakan bahwa Universal Coverage BUKAN hanya berlaku pada ranah Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) atau MEDIS, namun juga masuk dalam ranah Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) yang sifatnya adalah program pencegahan dan promosi kesehatan di masyarakat. BBLLLAAAAAAAAAAAAARRRRRRRRRRRR…………..!!!!!!!!!!!!!!!!

 

Iya ta?

 

Bagaimana dengan negaara kita?

 

Adakah contoh negara lain yang menggunakan skema Universal Coverage ini untuk melakukan UKM selain UKP?

 

Hadeeh…mau nyari jawabannya, koq rasanya AKK banget, ntar dulu ah…biarkan rekan2 AKK yang komentar dan nyari jawabannya. Toh, merupakan pekerjaan mereka seharusnya…saya tak memakai Bandwith Otak saya untuk bikin soal Dasar Ilmu Gizi dan Filsafat Ilmu dulu. Tar kalau udah selesai baru mikirin tentang jawaban pertanyaan itu dan nulis NOTE lagi…

 

Sumonggo Pak Djaz, Bu Inge, Bu Maya, Bu Erna, Bu Ratna and member of AKK, serta alumni yang bergerak dibidangnya. Semoga bisa membuka wacana adek-adek mahasiswa agar tidak kuper tentang Universal Coverage kayak kami bertiga yang plonga-plongo di Bali saat penjelasan UKM termasuk didalam UC (P.Trias, B.Triska, B.Dini).

 

Cheers,

 

Cogito Ergo Sum


date Posted on: Selasa, Maret 27, 2012 at 2:41 pm
Category Purple Love.
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.

You can leave a response, or trackback from your own site.



3 Responses to “Universal Coverage dan UKM (Oleh-oleh dari Bali)”

  1. Desain Interior

    bagi dong oleh2nya

    Nopember 6th, 2013 at 8:42 pm
     
  2. hotel murah di bali

    wah oleh-olehnya pie susu khas bali ada gak ni? hehe

    Juli 16th, 2014 at 3:27 pm
     
  3. Hotel Adarapura Resort Bandung

    wah boleh tuh dicoba hahaha, oleh2nya dooong

    April 17th, 2015 at 10:55 am
     

Leave a Reply


Trias’ is powered by WordPress
Theme is Coded&Designed by Wordpress Themes at ricdes
Archived by WP Themes